Unggul Tipis, Safrizal Pimpin Karang Taruna Dewantara

Foto Dokumentasi

Barometernews.id | Aceh Utara, – Safrizal, Amd terpilih sebagai Ketua Karang Taruna Kecamatan Dewantara dalam Temu Karya Karang Taruna yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat setempat, Sabtu (05/09).

Pemilihan diikuti oleh 15 Ketua Karang Taruna Gampong dalam Kecamatan Dewantara sebagai pemilih dan ditetapkan oleh pimpinan sidang Temu Karya yang terdiri dari Teuku Rachmad Akbar, SP, Ricky Pratama dan Saiful, S.Pd.

Bacaan Lainnya
Foto Dokumentasi

Sidang Temu Karya juga menetapkan Afrizal, Amd dan Ricky Maulana sebagai calon Ketua Karang Taruna masa bakti 2020-2025 serta diharuskan menyampaikan visi dan misi mereka dalam acara tersebut.

Afrizal, Amd pemegang nomor urut 1  memperoleh 8 suara sedangkan Ricky Maulana nomor urut 2 yang juga merupakan Ketua Karang Taruna inkamben, memperoleh 7 suara dari hasil pemilihan, maka Afrizal, Amd ditetapkan sebagai ketua terpilih Karang Taruna Dewantara masa bakti 2020-2025.

Acara turut dihadiri Camat Dewantara Nawafil Mahyudha, perwakilan dari Polsek dan Koramil 03 Dewantara, Ketua Karang Taruna Kabupaten Aceh Utara, Imum Mukim Kruenggeukueh, Manager Humas PT PIM beserta staf, Panglima Laot Dewantara, Ketua KNPI Dewantara, Ketua BKPRMI Dewantara, FKPPI Dewantara dan seluruh Ketua Karang Taruna dalam 15 Gampong di Dewantara.

Sebelum pemilihan ketua Karang Taruna, acara didahului oleh sambutan ketua pelaksana Temu Karya Saful, S.Pd yang memaparkan bahwa panitia telah mempersiapkan acara Temu Karya menyangkut  pemilihan ketua Karang Taruna sejak seminggu yang lalu dan alhamdulillah pada malam ini, berkat kekompakan kita telah dapat melaksanakan Temu Karya, sebutnya.

Foto Dokumentasi

Saiful juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh donator yang telah menyukseskan acara Temu Karya dan memohon maaf atas segala kekurangan yang terdapat dalam penyelenggaran acara pada malam ini dan karena sesuatu serta lainnya hal maka acara ini tidak kami laksanakan pada siang hari, ungkapnya.

Selanjutnya ketua Karang Taruna Kabupaten Aceh Utara, Sarjani, ST menyampaikan apresiasi yang sebesar – besarnya kepada panitia pelaksana temu karya Karang Taruna Dwantara yang telah melaksanakan acara pada malam ini, dalam rangka pembentukan pengurus karang taruna periode 2020-2025, sebutnya.

Apresiasi juga disampaikan kepada Camat Dewantara atas antusiasnya beliau demi terlaksana Temu Karya Karang Taruna, Lebih jauh Sarjani menyebutkan Karang Taruna adalah organisasi yang sudah sangat lama keberadaannya, namun karena berbagai hal roda organisasi sedikit terkendala dan baru pada Tahun 2007 berkat upaya putra Dewantara Bang Naharuddin, Karang Taruna bangkit kembali di Aceh Utara.

Seiring dengan regulasi – regulasi yang diatur oleh permendagri nomor 18 Tahun 2018 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa kemudian diikuti Permensos nomor 25 Tahun 2019 tentang Karang Taruna, telah memperjelas kedudukan dan fungsi Karang Taruna yang mengatur pemuda di Gampong adalah Karang Taruna, maka Pemuida adalah Karang Taruna dan Karang Taruna adalah pemuda.

Menyangkut pemilihan pengurus baru Karang Taruna, Sarjani mempertegas bahwa pengurus Karang Taruna Kabupaten tidak memiliki kepentingan apapun menyangkut siapa yang akan dipilih dan terpilih sebagai ketua Karang Taruna Kecamatan Dewantara, yang penting punya keinginan untuk memaju karrang taruna, sebutnya.

Camat Dewantara Nawafil Mahyudha, S.STP, menyebutkan sesuai dengan judul acara pada malam ini yaitu “Semangat Baru Mewujudkan Dewantara Kreatif, Inovatif dan Mandiri”, maka saya berharap pemuda yang tergabung dalam karang taruna untuk dapat menggali potensi diri dan mengembangkannya, sambil mengamati dan cerdik dalam memamfaatkan peluang yang ada disekitar mereka, sebutnya sambil menceritakan sebuah pengalamannya saat bertemu Abi Bukhari Paloh Gadeng.

Camat mengungkapkan berbagai potensi yang dimiliki Dewantara yang beliau kemas dalam cerita menarik menyangkut peran pemuda dalam mengembangkan sumber daya manusia demi masa depan yang lebih baik, Dewantara memiliki jumlah penduduk yang lumanyan padat atau seperempat dari jumlah penduduk kota Lhokseumawe, maka potensi ekonomi sangat memungkinkan dikembangkan di Dewantara, sebutnya.

Maka Nawafil Mhayudha berharap pemuda agar membuat suatu program sebagaimana diharapkan Ketua Karang Taruna Kabupaten dan siap membantu pemuda dalam menyusun pitching bisnis yang nanti akan disampaikan kepada pemilik modal lalu dilakukan pengembangan program atau potensi dari Karang Taruna dan saya siap membantu, tutupnya. [MRZ]

Pos terkait