Waduk TIU Dikeruk dan Dibuat Sodetan Menuju Aliran Kali Sunter

Foto Dokumentasi

Barometernews.id | Jakarta, – Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, mengecek progres pengerukan dan pembuatan sodetan di Waduk TIU, Kelurahan Setu, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (15/09).

Pengecekan ini turut dihadiri Asisten Perekonomian Pembangunan dan Lingkungan Hidup Jakarta Timur, Kusmanto, dan Kepala Satuan Petugas Pelaksana Sudin Sumber Daya Air Kecamatan Cipayung, Dian Kartika.

Bacaan Lainnya

Pantauan tim Sudin Kominfotik Jakarta Timur di lokasi, Wali Kota Jakarta Timur mengecek pengerukan Waduk TIU dengan bantuan alat berat, selanjutnya meninjau pembuatan crossing (drainase terhubung) atau sodetan outlet (keluarnya air) dari Waduk TIU menuju Kali Sunter.

“Alat berat ada tiga, semuanya berfungsi dengan baik. Selain pengerukan ada pembuatan sodetan dengan panjang 13 meter dari Waduk TIU ke Kali Cipinang menuju Kali Sunter,” Ujar Wali Kota.

Ia menjelaskan, tujuan pembuatan sodetan tersebut adalah ketika waduk dikuras maka buangan outlet-nya mengalir ke Kali Sunter, dan ketika Jakarta sedang hujan pintu air ditutup. Selanjutnya, ketika kemarau maka sodetan akan dibuka kembali, sehingga buangan debit air supaya aliran dialirkan dari hulu ke hilir agar tidak mengganggu banjir di hilir.

“Waduk TIU dapat menampung, sehingga debit airnya tidak terlalu besar ke Kali Sunter hulu maupun Cipinang,” Katanya. [Kominfotik JT/JS]

Pos terkait