Wali Kota Jakpus Pantau Bioswale Mas Mansyur

Foto Dok. Wali Kota pantau bioswale di JL KH Mas Mansur

Barometernews.id | Jakarta, – Wali Kota Administrasi Jakpus, Dhany Sukma bersama Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Bakwan Ferizan Ginting dan Camat Tanah Abang, Dicky Suherlan memantau pengerjaan bioswale di Jalan KH. Mas Mansyur, Senin (20/6).

Dalam kesempatan itu, Dhany turun langsung melakukan pengecekan efektifitas keberadaan bioswale. Menurutnya, bioswale tersebut merupakan salah satu upaya untuk menampung air hujan ke dalam tanah. Hal ini dilakukan guna mencegah terjadinya banjir yang ada di Jalan KH Mas Mansyur.

Bacaan Lainnya

“Sebelum ada bioswale ini air tumpah ke jalan. Dengan adanya bioswale air akan langsung diserap ke dalam tanah. Jadi fungsi resapan air berjalan fungsi penanggulangan juga bisa dilakukan,” Terangnya.

Untuk diketahui, bioswale adalah salah satu green infrastructure yang coba dibangun dalam upaya pengurangan titik genangan. Bioswale merupakan saluran vegetasi dan depresi untuk mengendalikan limpasan air hujan yang berbentuk linear atau memanjang dan dihubungkan dengan saluran kota.

Dhany menambahkan, saat ini proses pembangunan bioswale sudah rampung, bioswale sudah bisa beroperasi. Sehingga, saat ini sudah tidak ada lagi genangan di Jalan KH Mas Mansyur karena sudah di tampung bioswale.

“Insyallah ini efektif, sudah tidak ada lagi genangan. Pembuangan saluran flyover pun kita alirkan kesini, diserap ke dalam tanah melalui lubang biopori,” Tandasnya. [Kominfotik JP]

Pos terkait