Warga Kelurahan Pulau Panggang Lakukan Ziarah Kubur 

Foto Dokumentasi

Barometernews.id | Jakarta, – Warga Kelurahan Pulau Panggang, mulai melakukan ziarah kubur di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pulau Karya, Kepulauan Seribu Utara.

Terpantau, sejak pukul 07.00 WIB TPU Pulau Karya sudah ramai dikunjungi sejumlah keluarga yang datang untuk berziarah ke makam sanak saudaranya.

Bacaan Lainnya

Menurut Lukman Nur Hakim, salah seorang petugas di TPU Pulau Karya, pemakaman ini ramai dikunjungi peziarah dari warga Pulau Panggang dan Pulau Pramuka, sejak hari lebaran kedua Idul Fitri, dimana para pengunjung sebagian dari warga Pulau Kelapa.

“Setiap tahun (lebaran-red) pemakaman di Pulau Karya selalu ramai oleh peziarah, mereka biasanya mendoakan keluarga dan sanak saudara yang sudah meninggal,” Ujarnya, Rabu (04/05).

Lukman mengatakan, ziarah kubur biasa dilakukan warga setelah hari kedua dan ketiga Lebaran, para pengunjung kebanyakan berziarah dari pagi hingga sore hari.

“Mereka biasanya menggunakan jasa ojek kapal antar pulau untuk penyeberangan, tapi ada juga keluarga yang membawa kapal sendiri,” Katanya.

Tradisi ziarah kubur menjadi budaya masyarakat Indonesia dan Kepulauan Seribu khususnya. Mengunjungi keluarga yang sudah meninggal, membersihkan kuburnya dan mendoakannya dengan membaca Surah Yasin menjadi ritual yang dilakukan selama berziarah. [Kominfotik1000]

Pos terkait