Warga Pasaman Barat Buat Bilik Disinfektan, Antisipasi Covid-19

Foto : Bupati Yulianto (Zoelnasti)

Barometernews.id | PASAMAN BARAT, –Warga Pasaman Barat, Sumatera Barat yang tergerak untuk menolong sesama serta peduli terhadap pencegahan dan antisipasi agar masyarakat Pasbar terbebas dari Covid-19, Minggu, 29 Maret 2020 sekitar pukul 16.00 WIB. berinisiatif membuat bilik disinfektan secara swadaya.

Pembuatan bilik disinfectant ini datang, dari rasa khawatir akan penyebaran virus Corona di Kabupaten Pasaman Barat. Kini bilik disinfekatan tersebut telah tiba di beberapa titik Posko Pemeriksaan yang sengaja dibawa oleh Satgas Percepatan Penanganganan Covid-19 yakni Perbatasan Kabupaten Pasaman Barat dengan Kabupaten Agam di Kecamatan Kinali Pasbar.

Foto : Zoelnasti

Sebelum bilik disinfektan ini dioperasikan, terlebih dahulu telah di ujicoba secara perdana oleh Bupati Pasaman Barat, Yulianto.

Selanjutnya dibawa ke lokasi pos pemeriksaan perbatasan dengan menggunakan truk dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasaman Barat yang di komandoi langsung oleh Kabag Protokoler Kabupaten Pasaman Barat, Yosmar Difia.

“Alhamdulillah, sesampainya dilokasi, Bilik Disinfektan ini bisa langsung dimanfaatkan,” terang Yosmar Difia.

Dikatakan Yosmar bahwa, setiap masyarakat atau warga yang akan melewati Pos Satgas Perbatasan ini, terlebih harus melakukan penyemprotan Cairan Desinfektan tanpa terkecuali.

Foto : Zoelnasti

“Setiap Warga yang datang ke Pasbar dan keluar dari Pasaman Barat, wajib melakukan penyemprotan Cairan Desinfekatan di bilik disinfektan initial, setelah melakukan pemyemprotan, warga diarahkan untuk melakukan pengetesan suhu badan dan melakukan Pengisian data diri maupun riwayat perjalanan, namun bagi warga yang berasal dari luar Provinsi Sumbar harus menyerahkan data diri seperti KTP, kartu pelajar ataupun SIM.” jelas Yosmar lagi.

Yosmar juga menerangkan jika ada yang terindikasi Covid-19, maka tim satgas perbatasan akan melakukan penanganan lebih lanjut, semoga dengan antisipasi yang dilakukan ini, kita semua terhindar dari Covid-19.
Yosmar berharap agar bilik disinfektan ini bisa menjadi contoh, agar dapat diperbanyak sehingga bisa dipergunakan di ruang publik.

(Zoelnasti)

Pos terkait