LSM JARA Desak Pemerintah Aceh Batasi Sementara Akses Wisman dan Pekerja dari Cina

Istimewa

Barometernews.id | Banda Aceh, – Virus Corona pertama kali muncul dari daerah Wuhan (Cina), penyebaran virus corona yang diduga berasal dari hewan liar itu (kelelawar) terjadi dengan cepat karena gejala yang ditimbulkan virus pada penderita muncul agak lama setelah penderita terjangkit. Hal ini membuat pencegahan menjadi lebih sulit, Senin (27/01).

Ketua DPP LSM JARA, Iskandar A. Rahman mendesak kepada pemerintah Aceh untuk melarang sementara turis dan pekerja Cina ke Aceh sampai selesainya wabah virus corona itu di negeri tirai bambu.

Bacaan Lainnya

Iskandar menuturkan dengan munculnya virus Corona, maka pemerintah Aceh seharusnya segera mengeluarkan larangan masuk pekerja maupun turis asal Cina.

Perlindungan terhadap nyawa warga Aceh jauh lebih utama ketimbang membebaskan masuknya pekerja asal Cina atas nama investasi.

Sebab, penyebaran virus Corona di dunia semakin tak terkendali, pemerintah Aceh harus segera menutup akses masuk pekerja maupun turis asal Cina baik lewat jalur penerbangan (bandara) maupun jalur laut (pelabuhan).

Sebelum ada korban di Aceh akibat penyebaran virus itu, JARA desak Pemerintah Aceh untuk mengantisipasinya dengan melarang pekerja maupun wisman asal Cina datang ke Aceh.

“Setiap akses jalur penerbangan dan jalur pelabuhan untuk disediakan tim kesehatan lengkap dengan alatnya untuk memonitor dan memeriksa setiap turis asing yang masuk khususnya turis asal Cina,” Tutup Iskandar. [Red/Rus]

Pos terkait