Bonus Lailatul Qadar

Foto Dokumentasi

Oleh: Mahfud Hidayat Lukman

Ketua Komisi Pendidikan MUI Kota Bogor

Bacaan Lainnya

“Lailatulqadar itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan Rūḥ (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan. Sejahteralah (malam) itu sampai terbit fajar.” (QS. Al Qadr: 3-5)

Setiap kali masuk sepuluh malam terakhir bulan Ramadan, umat Islam diingatkan dengan kehadiran Lailatul Qadr. Tidak hanya malam harinya, siangnya pun mereka tampak bersemangat untuk beribadah. Tumpah ruah untuk beiktikaf, qiyamullail, tilawah al Qur’an, dan ibadah² lainnya.

Magnet Lailatul Qadar

Tidak heran dengan fenomena tersebut. Lailatul Qadr memang memiliki magnet yang sangat besar untuk menarik umat ke dalam dimensi spritual dan transendental yang mendalam. Keyakinan bahwa nilai ibadah pada malam Qadr tersebut nilainya lebih baik dari seribu bulan (sekitar 83 tahun 4 bulan) tidak tergoyahkan. Terpatri dalam hati dan menjadi dogma dalam jiwa. Sehingga wajar jika mereka berduyun² ke masjid untuk berusaha mendapatkan anugerah Lailatul Qadr di sepuluh malam terakhir bulan Ramadan.

Demi memenuhi dahaga ruhani ini, diantaranya ada yang memilih cuti kerja. Ada yang menginap di masjid. Bahkan ada yang rela mengeluarkan biaya pendaftaran ke panitia untuk mendapatkan fasilitas selama iktikaf (sahur, buka, modul kajian, dll). Terlepas dari motivasi masing², berdasarkan uraian di atas, semuanya wajar² saja.

Fenomena yang berbeda tampak di kebanyakan masjid atau mushala. Di sini, 10 malam terakhir Ramadan tampak lengang dari jamaah, tidak seramai di awal permulaan malam. Mereka tidak lagi berdesakan untuk mendapatkan shaf sampai belakang. Kini, di malam² akhir tersebut, masjid kembali sepi ditinggal jamaah yang mudik dan pulang. Belum lagi yang letih dan kecapaian akibat membuat kue adonan dan berkeliling di pasar untuk persiapan lebaran. Semuanya menambah kemalasan untuk giat di sepuluh malam² yang penuh kemuliaan.

Memburu dan Menunggu

Ketika beberapa orang mencari bahkan berburu lailatul qadar, di lain pihak ada orang yang dengan santai menunggu lailatul qadar.

Orang² yang mencari lailatul qadar adalah mereka yang menyibukkan diri beriktikaf dan qiyamullail di sepuluh terakhir bulan Ramadan. Diantaranya bahkan rela untuk tidak tidur di malam² tersebut. Terutama pada malam tanggal ganjil; malam 21, 23, 25, 27, dan 29 Ramadan. Mereka sangat giat mengisinya dengan berbagai macam ibadah. Tilawah al Qur’an, berzikir, ta’lim, iktikaf, shalat malam, dsb.

Di kalangan ini, ada yang terus menerus mengisi malam² tersebut sampai akhir Ramadan, ada pula yang ‘ge-er’. Kalangan yang ‘ge-er’ bahkan mengklaim telah mendapati lailatul qadar di malam tertentu. Kemudian ia menyampaikan pada orang lain. Namun setelah itu, ia merasa cukup dan tidak lagi melanjutkan qiyamullailnya. Baginya lailatul qadar adalah segalanya. Kalau sudah mendapatinya maka tidak perlu lagi mencari dan memburunya.

Adapun orang yang menanti lailatul qadar, mereka dengan santai menunggunya. Semua sudah dipersiapkan sejak tangal 1 Ramadan untuk menjemputnya. Mereka beribadah dengan istiqamah. Setiap malam iktikaf. Setiap saat beribadah. Di Masjid, di tempat kerja, dan di perjalanan, senantiasa ucapan dan perilakunya mencerminkan ibadah. Baginya, lailatul qadar adalah bonus dan anugerah. Allah SWT melimpahkan keutamaan ini bagi para hamba yang terus menerus mengharap rida dan ampunanNya.

Karenanya, Nabi Muhammad SAW dalam Hadis Aisyah RA saat memasuki sepuluh terakhir bulan Ramadan, menghidupkan malam hari untuk ibadah, membangunkan istri² atau keluarganya, dan mengencangkan ikat pinggangnya. Hal ini bukan berarti beliau berleha² di malam² sebelumnya, melainkan sebagai motivasi untuk semakin giat di penghujung Ramadan. Sebab, banyak orang yang semangat di awal namun kendor di akhir. Dengan motivasi lailatul qadar, kaum muslimin dapat istiqamah.

Maka wajar apabila ada yang berasumsi bahwa salah satu indikator seseorang dianugerahi (bukan mendapatkan) bonus lailatul qadar adalah konsistensi amaliah yang terjaga pasca Ramadan. Inilah buah istiqamah. Wallahu a’lam.[][][]

Pos terkait