Operasi Ketupat Akan Berlangsung di Wilayah Hukum Polres Pasbar

Foto Dok. Kasat lantas, Yuliadi
Barometernews.id | Pasbar, – Operasi ketupat akan berlangsung di seluruh wilayah Indonesia dan seperti biasanya kegiatan ini setiap tahun dilaksanakan menjelang mudik Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri.
Foto Dok. Kapolres Pasbar yang humanis

Operasi ketupat yang akan digelar ini merupakan salah satu operasi lalu lintas yang biasa dilaksanakan oleh Polri beserta jajaran lainnya di seluruh Indonesia.

Kegiatan ini dalam rangka menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcar Lantas) pada masa mudik Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri.

Bacaan Lainnya

Sementara di wilayah hukum Polres Pasbar untuk tahun 2023 ini, yang penerapan Operasi Ketupat selama masa arus mudik dan balik Lebaran 2023 juga akan berlangsung sejak 18 April hingga 2 Mei 2023.

Demikian disampaikan oleh Kapolres Pasaman Barat, AKBP Agung Basuki kepada wartawan melalui Kasat Lantas, AKP Yuliadi, di Simpang Empat, Sabtu (15/4).

Dikatakan oleh Kasat Lantas, AKP Yuliadi tahun 2023 ini pihaknya akan menurunkan sebanyak 83 orang personil yang akan ditempatkan di lima pos pengamanan dan pos pelayanan untuk mengatur pengamanan dan pelayanan kepada masyarakat di wilayah Polres Pasbar.

Adapun beberapa titik Posko Pengamanan Lebaran 2023 di Pasbar akan digelar pada lima pos pengamanan dengan melibatkan 83 orang personil yang bertugas menjaga arus mudik Lebaran 1444 hijriah.

Yuliadi menyampaikan ke lima pos pengamanan yang disiapkan tersebut yakni pos pengamanan di Sasak, pos pengamanan Pantai Sikabau, pos pengamanan RTH Air Bangis dan pos pelayanan Simpang Empat serta pos pelayanan Ujung Gading.

“Kelima titik pos pengamanan itu merupakan lokasi yang ramai setiap Lebaran tiap tahunnya. Termasuk objek wisata yang ada seperti Pantai Sasak, Pantai Sikabau dan Pantai Air Bangis,” terang Yuliadi.

Yuliadi menambahkan, pada prinsipnya personil sudah siap mengamankan Lebaran 2023 di pusat keramaian dan arus mudik pada lebaran 1444 hijriah.

Kasat lantas juga memperkirakan puncak kepadatan arus mudik Lebaran akan terjadi pada 19-20 April 2023 dan arus balik setelah sepekan perayaan Lebaran 2023.

“Tujuan digelarnya operasi ketupat ini adalah dalam rangka menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcar Lantas) selama mudik Lebaran,” tambah Yuliadi.

Ditambahkannya, selain personil Polres Pasaman Barat, pihaknya juga dibantu oleh anggota personil lainnya seperti TNI, Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran, Dinas Perhubungan, Basarnas dan PMI serta instansi terkait lainnya.

“Operasi ketupat dimulai 18 April sampai 2 Mei 2023. Mudah-mudahan berjalan dengan lancar,” ujar Yuliadi.

Kapolres melalui Yuliadi mengimbau kepada masyarakat agar tetap menjaga keamanan, ketertiban selama lebaran nanti, dan diharapkan bagi pengendara agar tetap mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan memakai kelengkapan kendaraan.

Yuliadi menambahkan, sementara untuk upacara gelar pasukan akan digelar pada tanggal 17 April 2023 dan rencana akan dipimpin langsung oleh Kapolres, terang Yuliadi mengakhiri. [Zoelnasti/jbm]

Pos terkait