Apel Gelar Pasukan OPS Ketupat 2023 Polres Pasaman Barat

Foto Dok. Kapolres dan Bupati saat memimpin apel
Barometernews.id | Pasbar, – Apel gelar pasukan Ops Ketupat 2023 Polres Pasaman Barat merupakan salah awal rangkaian kegiatan operasi lalu lintas yang digelar oleh Polri selama masa arus mudik dan arus balik Lebaran Hari Raya Idul Fitri di Indonesia.
Foto Dokumentasi

Operasi Ketupat 2023 ini merupakan upaya stau dalam rangka menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcar Lantas) selama mudik Lebaran.

Demikian juga halnya di wilayah hukum Polres Pasbar, pada hari ini Senin (17/4) sekitar pukul 08.00 WIB. bertempat di Halaman Mapolres Pasaman Barat berlangsung Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat 2023 dengan Tema Mudik Aman Berkesan.

Bacaan Lainnya

Gelar pasukan Operasi Ketupat 2023 atau apel pasukan yang akan bertugas mengamankan jalur mudik Lebaran tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Pasbar, AKBP Agung Basuki, S.I.K., M.M.

“Gelar pasukan Senin 17 April 2023 pada hari ini dipimpin oleh Bapak Kapolres,” ujar Kasat lantas Polres Pasbar, AKP Yuliadi di Simpang Empat, Senin (17/4).

Sebagai Pimpinan Apel selain Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki, S.I.K., M.M. juga terlihat Bupati Pasaman Barat, H. Hamsuardi, S.Ag.

Digelarnya Apel Pasukan Operasi Ketupat ini, dalam rangka mewujudkan SITKAMTIBMAS yang kondusif serta memberikan rasa aman dan nyaman masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa dan mudik menyongsong Idul Fitri 1444 H di Wilayah Hukum Polres Pasaman Barat.

Sedangkan Komandan Apel dipercayakan kepada Kanit Laka Sat Lantas Ipda Lamhot Nababan, SH.

Adapun peserta apel yang hadir selain Kapolres dan Bupati Pasbar, H. Hamsuardi juga hadir Ketua Pengadilan Negeri Pasaman Barat Fataroni, SH., MH, Kasi Intel Kejari Pasbar, Hendri Setiawan, SH, Koramil 02 Simpang Empat Kapten Surianto, Ka Lapas Kelas III Talu, Donni Isa Dermawan, Ka Lapas Terbuka Pasaman, Azhar, Kepala Dinas Perhubungan Pasaman Barat, Bakarudin, SE.

Terlihat juga hadir Kepala Dinas Kesehatan Ajaran Huda, M.Kes. Koordinator Basarnas Pasaman Barat, Dhio Ulwi Finanda serta Jasa Raharja, Syaiful, Ketua Senkom Pasaman Barat, Agus Almukrim termasuk seluruh PJU Polres Pasaman Barat dan Kapolsek se Pasbar.

Termasuk juga Anggota Koramil 02 Simpang Empat dan para Kabag, Kasat dan Kapolsek para Pama Polres Pasaman Barat, personel Polres Pasaman Barat, jajaran Dinas Perhubungan, Basarnas dan Senkom serta Orari tak ketinggalan PMI Kabupaten Pasbar.

Foto Dok. Kapolres dan Bupati saat memeriksa barisan

Pada Kesempatan tersebut Kapolres menyampaikan pidato Kapolri Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si, bahwa operasi Ketupat 2023 harus dilaksanakan secara optimal, baik perjalanan mudik maupun balik dapat berjalan lancar, aman dan sehat.

Adapun arahan Apel Ops Gelar Pasukan tersebut antara lain disampaikan, Operasi Ketupat 2023 dilaksanakan selama 14 hari mulai Tanggal 18 April sampai dengan 1 Mei 2023.

Kapolri Jenderal Polisi Listryo sigit Prabowo pada amanatnya yang dibacakan oleh Kapolres Pasbar, AKBP Agung Basuki, menyampaikan beberapa penekanan dalam pelaksanaan Ops Ketupat 2023 yakni, Pertama, laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan tanamkan dalam diri bahwa melakukan pengamanan dalam Operasi Ketupat 2023 adalah sebuah kehormatan, sekaligus ladang amal ibadah bagi kita semua.

Kedua, kedepankan langkah-langkah humanis, terapkan buddy system dan pedomani SOP, agar dapat memberikan pelayanan terbaik dengan Presisi sebagaimana harapan masyarakat.

Ketiga, pastikan ketersediaan perlengkapan pribadi, sarpras dan berbagai fasilitas penunjang lainnya pada setiap pos pengamanan, pos pelayanan, maupun pos terpadu, sehingga mampu mendukung pelaksanaan tugas secara optimal.

Keempat, berbagai langkah-langkah yang dilakukan pada pengamanan arus mudik juga harus diterapkan pada arus balik, sehingga kita mampu mengawal perjalanan mudik dari keberangkatan hingga kepulangan, agar masyarakat mendapatkan kegembiraan bertemu sanak saudara dan bisa kembali dengan selamat.

Kelima, pastikan informasi terkait kebijakan dan perkembangan situasi lalu lintas terkini tersampaikan dengan baik melalui iklan layanan masyarakat. Lakukan penguatan komunikasi publik, baik menggunakan media TV-Radio Nasional maupun lokal, serta media streaming Polri TV-Radio melibatkan toga, tomas, influencer dan public figure.

Keenam, perkuat sinergisitas dan soliditas antara petugas pengamanan maupun stakeholder terkait, karena hal tersebut merupakan kunci keberhasilan Operasi Ketupat 2023.

Disampaikan Agung, untuk itu demi menjaga kenyamanan pelaksanaan hari Raya Idul Fitri 1444 H maka Polres Pasaman Barat menyiapkan Pos Pengaman dan Pos Pelayanan di beberapa titik yakni, untuk Pos Pengamanan berlokasi di Pantai Sasak, Pantai Sikabau dan Pantai Air Bangis.

Sementara Pos Pelayanan untuk wilayah selatan berada di Bundaran Simpang Empat kecamatan Pasaman dan wilayah utara berada di Pasar Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang.

Apel gelar pasukan berakhir Sekitar pukul 09.00 WIB selesai dilaksanakan dan dilanjutkan dengan Pemeriksaan ranmor dinas yang akan digunakan dalam mendukung Ops Ketupat 2023 oleh Kapolres bersama Bupati dan jajaran Forkopimda.

Usai pemeriksaan dilanjutkan dengan Pemusnahan Barang Bukti hasil Operasi Cipta Kondisi Polres Pasaman Barat yang telah dilaksanakan sejak tanggal 23 Maret s/d 17 April 2023.

Adapun barang bukti berupa minuman keras beralkohol dan Petasan dengan rincian, Miras Botol Bermerek sebanyak 250 Botol dan Miras Jenis Tuak sebanyak 500 Liter serta Petasan berbagai merek sebanyak 10.620 Butir.

Selama pelaksanaan Operasi Ketupat 2023 pada 17 April sampai 1 Mei 2023, Polres juga menyiapkan sebanyak beberapa posko mudik di seluruh wilayah hukum Polres Pasbar.

Disampaikan Agung, untuk itu demi menjaga kenyamanan Pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1444 H maka, Polres Pasaman Barat menyiapkan Pos Pengaman dan Pos Pelayanan di beberapa titik yakni, untuk Pos Pengamanan berlokasi di Pantai Sasak, Pantai Sikabau dan Pantai Air Bangis.

Sementara Pos Pelayanan untuk wilayah selatan berada di Bundaran Simpang Empat kecamatan Pasaman dan wilayah utara berada di Pasar Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang.

Pada kesempatan itu Kapolres juga menyampaikan, pihaknya menyiapkan sebanyak 83 personel yang akan bergabung pada tim dalam Operasi Ketupat 2023 selama 18 April sampai 1 Mei 2023.

“Para personel akan mengamankan arus mudik-balik Lebaran dan menjaga objek vital,” tutup Agung. [Zoelnasti/jbm]

Pos terkait