Mahasiswa Umuslim Raih Juara Harapan di Jepang

Istimewa

Barometernews.id | Jepang, Salah seorang mahasiswi Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan, Bireuen, Akhsani Taqwim meraih juara harapan dalam acara speech contest yang digelar di Nagoya Gakuin University (NGU) Jepang. Keberadaan Akhsani Taqwim mahasiswa semester lima prodi Hubungan Internasional (HI) Fisip Umuslim di Jepang dalam rangka mengikuti program pertukaran pelajar (Student Exchange) hasil kerja sama antara Universitas Almuslim (Umuslim) dan NGU Jepang, Senin  (20/01).

Terjalinnya program ini setelah beberapa tahun lalu Rektor Umuslim, Dr.H.Amiruddin Idris, SE.,MSi menandatangani perjanjian kerjasama dengan NGU Jepang.

Bacaan Lainnya

Dengan perjanjian tersebut setiap tahun NGU Jepang menerima mahasiswa Umuslim untuk belajar di Jepang, begitu juga mahasiswa NGU Jepang mengirimkan mahasiswanya belajar di Umuslim, sekarang sudah tahun ketiga, jelas Kabag Humas dan Kemahasiswaan Zulkifli,M.Kom.

Menurut Aqsani seperti disampaikan Zulkifli kepada Barometernews.id, program yang diikuti merupakan program yang digelar setiap tahun di kampus tersebut, diikuti seluruh mahasiswa baru NGUdan mahasiswa international yang sedang menempuh program pertukaran pelajar di universitas tersebut.

Tujuan program ini diselenggarakan guna mempererat hubungan mahasiswa asing dengan mahasiswa NGU yang berasal dari Jepang, selain itu untuk meningkatkan kompetisi dan kemampuan berbahasa mahasiswa asing berbicara di depan publik.

Pada acara ini ada beberapa bahasa yang diperlombakan, seperti bahasa Inggris, Jepang, China, dan Korea. Peserta lomba ratusan mahasiswa berasal dari berbagai negara, seperti Amerika, China, Taiwan, Korea, Kanada, Indonesia dan dari negara Jazirah Arab.

“Setiap mahasiswa asing di wajibkan mengikuti perlombaan ini dengan menggunakan bahasa Jepang.
Menurut Kabag Humas dan kemahasiswaan Umuslim Zulkifli,M.Kom, Akhsani Taqwim pada perlombaan tersebut mengikuti lomba Public Speaking dengan menggunakan bahasa Jepang dengan tema yang di arahkan panitia,” Jelas Zulkifli.

Menurutnya Aqsani memilih tema menceritakan tentang mimpi dan menjelaskan apa yang akan saya lakukan setelah menyelesaikan program Student Exchange, juga menceritakan kegiatan ingin menjadi volunteer, tentang pendidikan dan juga konflik yang terjadi di Papua.

“Alhamdulilah saya mendapatkan Juara Harapan pada acara tersebut, namun saya bersyukur meskipun hanya menjadi juara harapan tetapi saya mendapatkan kesempatan untuk berkompetisi dengan mahasiswa dari berbagai negara, dan mendapatkan pengalaman luar biasa dalam perlombaan tersebut,” Tulis Aqsani Taqwim kepada Zulkifli melalui messengernya.

Seperti diketahui pada angkatan ini Umuslim mengirimkan dua mahasiswanya mengikuti kuliah di Jepang yaitu Akhsani Taqwim (19) dari Program Studi Hubungan International FISIP dan satu lagi Nafsul Muthmainnah (20), mahasiswi Prodi Bahasa Inggris FKIP, mereka berada di Jepang selama satu tahun (dua) semester  jelas Kabag Humas dan Kemahasiswaan Zulkifli,M.Kom.  [Red/Zlf]

Pos terkait