PD Aisyiah Lhokseumawe Laksanakan Pelatihan Ecoprint

Foto Dokumentasi

Barometernews.id | Lhokseumawe, – Pimpinan Daerah ‘Aisyiah Lhokseumawe bekerja sama dengan Lazismu Lhokseumawe melaksanakan pelatihan Ecoprint bagi kaum emak – emak yang ada di seputaran Lhokseumawe di Komplek Dayah Modern Ihyaussunnah Muhammadiyah, Jumat (24/1).

Foto Dokumentasi

Ecoprint sendiri adalah sebuah metoda membatik dengan menggunakan bahan – bahan alami yang ramah lingkungan yang ada di seputar kita. Untuk pewarna menggunakan bahan dari kayu, kulit kayu atau kulit buah buahan. Misalnya kayu secang untuk membuat warna merah dan sebagainya. Sementara untuk corak batiknya menggunakan dedaunan yang mempunyai bentuk unik serta pigmen warna yang indah.

Bacaan Lainnya

Ketua PD Aisyiyah Lhokseumawe Mutiawati mengatakan “Pelatihan ini sangat tepat untuk emak – emak dalam mengembangkan kreatifitasnya sebagai seorang ibu rumah tangga, disamping menjalankan perannya sebagai ibu rumah tangga mereka bisa menyiapkan produk Ecoprint sebagai sebuah hasil karya seninya juga bisa menjadi sarana untuk membantu pendapatan keluarga, terlebih untuk emak emak yang kurang mampu. Diharapkan kedepan emak – emak ini bisa mengembangkan ilmunya terkait ecoprint juga mengaplikasikan ke masyarakat luas.”

Foto Dokumentasi

Pelatihan ini dihadiri oleh Instruktur Senior Ecoprint Lazismu Nasional Pupung Puspita.

Sementara Sekretaris Lazismu Lhokseumawe, Zainul Abidin, S.Pd.I menyampaikan dalam sambutannya “Ekoprint ini merupakan cara untuk membangkitkan kreatifitas ibu – ibu supaya bisa memanfaatkan potensi di sekitar rumah untuk kebutuhan ekonomi keluarga, kalau itu bisa dikembangkan dengan baik maka akan jalan sebagai wirausaha yang baru di kota lhokseumawe,” Ujarnya kepada wartawan barometernews.id.

“Lazismu dalam hal ini tetap komitmen bekerja dengan pihak manapun untuk pemberdayaan ekonomi ummat,” Tutup nya. [Red/TSB]

Pos terkait