Empat Paslon Kepala Daerah Dinyatakan Lolos oleh KPU Pasbar

Foto Dok. Pasangan Hamsuardi - Risnawanto didampingi Ketua PAN Baharuddin

Barometernews.id | Pasbar, – Jumat  (04/09/2020) kemarin Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara serentak melaksanakan pendaftaran bagi peserta pesta demokrasi 2020, termasuk KPU Kabupaten Pasbar Sumatera Barat, juga membuka secara resmi pendaftaran Pasangan Calon (Paslon) Kepala Daerah Bupati dan Wakil Bupati.

Foto Dok. Pasangan  Yulianto – Syafrizal

Menurut Ketua KPU Pasbar, Alharis  dimungkinkan hari ini selesai Sholat Jumat  bakal ada Empat dari lima Paslon yang akan mendaftar ke KPU Pasbar untuk siap berkompetisi diajang Pilkada Pasbar.

Bacaan Lainnya

Apa yang disampaikan oleh Alharis tersebut memang terbukti, pasalnya selesai Sholat Jumat memang terlihat di KPU Simpang Empat Pasbar mulai dibanjiri ribuan masa pendukung Paslon Bupati – Wabup yang akan mendaftar ke KPU Pasbar.

Menariknya, dari Paslon yang akan maju baik yang diusung Parpol maupun dari jalur indenpenden itu, terlihat hadir dengan masing – masing membawa ratusan masanya, bahkan di antara masa tersebut terlihat hadir dukungan dari beberapa tokoh-tokoh penting masyarakat Pasbar.

Foto Dok. Pasangan Agus – Romi

Seperti Jumat siang itu terlihat juga hadir  Tokoh Masyarakat Pasbar, Drs. H. Baharuddin,R.MM sebagai Ketua DPD PAN Pasbar yang juga mantan Bupati Pasaman dan Pasaman Barat itu ikut hadir di KPU .

Kehadiran Baharuddin tersebut adalah sebagai Ketua Partai yang mengusung Paslon Hamsuardi – Risnawanto dari Partai PKS dan PDI P.

Bahkan dikabarkan Baharuddin mantan Bupati dua priode tersebut sebagai Ketua Tim Sukses Hamsuardi -Risnawanto (Hamris).

Sebelumnya pada pukul 13.50 terlihat Paslon Yulianto – Syafrizal (Demokrat – Nasdem) melakukan registrasi Pendaftaran yang pertama pada hari itu.

Foto Dok. Pasangan Maryanto – Yulisman

Selanjutnya pada pukul 14.00 Wib. Paslon Hamsuardi – Risnawanto ,( PKS -PDIP – PAN ) melakukan Registrasi sebagai pendaftar ke dua, dan Pendaftar ke tiga dari Paslon Agus , S – Romy (independent ) berlangsung pada  pukul 15.17.wib. sedangkan pendaftar ke empat yang berlangsung pada pukul 15.24 dilakukan oleh Paslon Maryanto – Yulisman dari Partai Gerindra – PBB yang juga mendapat dukungan dari Partai Berkarya.

Siang itu, pasangan Hamsuardi – Risnawanto saat mendaftar ke KPU selain diiringi ratusan pendukungnya, juga terlihat didampingi sejumlah pimpinan Parpol pendukung dan pengusung, termasuk beberapa tokoh masyarakat.

Sebelumnya sejumlah pendukung,masa Parpol dan tokoh masyarakat termasuk beberapa pengusaha telah berkumpul di Komplek Latifa rumah pribadi milik mantan Bupati, Baharuddin untuk melakukan Sholat Jumat bersama ke Masjid terdekat.

Menariknya lagi, di komplek Latifa sebagai Posko pemenangan itu juga terlihat beberapa petinggi adat Pasbar dan ketua-ketua Kelompok tani, Wirid Yasin Pasbar serta beberapa perkumpulan organisasi kemasyarakatan termasuk pemuda juga pengurus, dan simpatisan ke tiga Parpol pendukung.

Dikatakan Bahar, meskipun mereka sejak pagi telah berkumpul di Latifa, sebagai bukti mereka memberi dukungan kepada Paslon Hamsuardi – Risnawanto (HAMRIS) namun karena situasi Covid -19 dan sesuai himbuan protokoler kesehatan, masa yang hampir mencapai tujuh ratusan orang tersebut hanya sebahagiaan yang diperkenankan mengantarkan Paslon ke KPU, selebihnya hanya menunggu di kompleks Latifa.

Ketua KPU, Alharispun saat dikonfirmasi terkait pendaftaran Paslon di hari pertama Jumat (4/09) mengatakan ke empat Paslon tersebut sudah Memenuhi Syarat (MS), dan ia membenarkan masih ada satu Paslon lagi yang masih ditunggu pendaftarannya sampai hari terakhir (Minggu 06/09) hingga pukul 24.00 Wib.

Dikatakannya kalau mendaftar dilakukan pada hari pertama dan ke dua memang Registrasi pendaftaran ditutup pukul 16.00 Wib, tapi bila memasuki hari terakhir masih ada yang mendaftar maka KPU  akan masih menunggu hingga pukul 24.00 Wib.

“Hari ini (jumat) kita telah memperivikasi data ke empat Paslon yang mendaftar dari rencana 5 Paslon yang ada dan ke empatnya dinyatakan Memenuhi Syarat (MS), jadi kita masih menunggu satu Paslon lagi,” Ujar Alharis mengakhiri. [Zoelnasti]

Pos terkait