Puskesmas Kecamatan Ciracas Peringati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia

  • Whatsapp
Foto Dokumentasi

Barometernews.id | Jakarta, – Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia Tahun 2021 setiap tanggal 10 Oktober 2021, Puskesmas Kecamatan Ciracas yang diinisiasikan oleh Layanan Kesehatan Jiwa dan Psikolog Pukesmas Kecamatan Ciracas menggelar berbagai macam kegiatan mulai 1 Oktober 2021.

Adapun untuk hari Senin kemarin (11/10), Layanan Kesehatan Jiwa dan Psikolog Puskesmas Kecamatan Ciracas menggelar aksi kegiatan membagikan lembaran kutipan yang diambil di dalam kaleng, dan mendapatkan hadiah tumbler, masker, cokelat dan permen, serta membagikan hadiah balon kepada anak kecil. Pembagian dilakukan seorang Pegawai Layanan Kesehatan Jiwa dan Psikolog yang memakai kostum badut karakter kartun Winnie The Pooh.

Bacaan Lainnya

Lembaran kutipan tersebut dibagikan kepada warga yang mengantre di halaman Puskesmas Kecamatan Ciracas dan pegawai di Lantai III gedung Puskesmas Kecamatan Ciracas.

Dalam kegiatan yang dipimpin langsung Kepala Puskesmas Kecamatan Ciracas, dr. Santayana Daulay, tersebut, turut dilakukan pembagian bingkisan hadiah kepada orang tua bayi yang lahir pada 10 Oktober 2021, (Hari Kesehatan Jiwa Sedunia) di Puskesmas Kecamatan Ciracas.

Kepala Puskesmas Kecamatan Ciracas, dr. Santayana Daulay, mengatakan, tema Hari Kesehatan Jiwa Sedunia Tahun 2021 yaitu Mental Health In An Unequal World (Kesetaraan Dalam Kesehatan Jiwa Untuk Semua).

Ia menjelaskan, berbagai kegiatan yang dilakukan ialah screening kesehatan jiwa untuk karyawan Puskesmas Kecamatan Ciracas, webinar kesehatan jiwa, pembagian quotes (kutipan) bagi pengunjung, dan pegawai Puskesmas Kecamatan Ciracas, vaksin khusus pasien ODGJ (Orang Dalam Gangguan Jiwa) dan Pendamping.

Selanjutnya juga dilakukan donasi baju layak pakai dari pegawai Puskesmas Kecamatan Ciracas untuk pasien ODGJ, serta pembinaan bagi para pasien ODGJ memperkenalkan produk UMKM berupa makanan dengan nama G300 (Gerakan 300 pak makanan) hasil produk ODGJ.

“Intinya dari pembagian quotes untuk pengunjung dan pegawai yaitu kadang kita butuh suatu kata-kata penyemangat hidup untuk menguatkan, si penerima quotes menjadi lebih baik dalam menjalankan hidup dari quotes yang didapat,” Jelas dr. Santayana.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan yang kami lakukan ini memberikan energi positif yang bisa ditularkan kepada pengunjung dan para pegawai Puskesmas Kecamatan Ciracas, terus semangat dalam menjalankan hidup.

Selain itu, Layanan Kesehatan Jiwa dan Psikolog mengajak warga agar mau berobat ke Puskesmas Kecamatan Ciracas, tidak takut untuk melakukan konsultasi agar dapat termotivasi dan bahagia.

“Kami juga turut menyampaikan terima kasih kepada perusahan atau CSR yang berkontribusi berkolaborasi bersama mendukung kegiatan dalam rangka Hari Kesehatan Jiwa Sedunia Tahun 2021,” Tambahnya.

Adapun CSR (Corporate Social Responsibility) yang terlibat dalam peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia Tahun 2021 ini diantaranya NGK, HokBen, Yakult, Airlangga, dan Mayasari. Produk dari bantuan CSR tersebut juga diberikan dalam bentuk bingkisan kepada pasien ODGJ yang akan mengikuti vaksinasi Covid-19 12 Oktober 2021. [Kominfotik JT/JS]

Pos terkait