May Day Tahun 2021, LKS Tripartit Jakbar dan BPJS Ketenagakerjaan Bagi-Bagi Paket Sembako

Foto Dokumentasi

Barometernews.id | Jakarta, – Lembaga Kerja Sama (LKS) Tripartit Jakarta Barat bersama BPJS Ketenagakerjaan  memperingati Hari Buruh Internasional (May Day) tahun 2021 dengan membagi-bagikan sebanyak 500 paket sembako kepada pekerja yang terdampak covid-19 di lobby Blok B, kantor Walikota Jakarta Barat, Sabtu (01/05) pagi.

Penyerahan bantuan paket sembako secara simbolis diberikan oleh Sekretaris Kota Jakarta Barat, Iin Mutmainnah, kepada masing-masing perwakilan serikat pekerja di wilayah Jakarta Barat.

Bacaan Lainnya

“May Day diperingati dengan berbagai kegiatan, yang sebagian besar dilakukan dengan aksi turun ke jalan dengan berbagai tuntutan. Pada akhirnya sejak tahun 2014, hari buruh internasional pada 1 Mei dijadikan sebagai hari libur nasional yang kemudian dalam pelaksanaannya diperingati dengan melakukan berbagai kegiatan positif,” Tutur Iin.

Ia menyebutkan, peringatan May Day tahun 2021 yang mengusung tema “May Day Is Build Together” diperingati pada masa pandemi Covid-19 dimana hampir semua negara, termasuk Indonesia, merasakan dampaknya. Dampak terparah adalah terpuruknya kondisi perekonomian.

Melihat kondisi tersebut, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus berupaya melakukan kolaborasi dengan stakeholder bersama-sama bersinergi dalam memulai dan berinovasi untuk membangun kembali perekonomian Indonesia.

“Kita harus berjuang bersama. Kalau dulu kita berjuang memakai bambu runcing. Saat ini kita berjuang sama-sama membuang ego untuk memulihkan perekonomian nasional,” Ujarnya.

Untuk wilayah Jakarta Barat, LKS Triparti Kota Jakarta Barat berkolaborasi dengan BPJS Ketenagakerjaan  memfasilitasi peringatan May Day tahun 2021 dengan memberikan bantuan paket sembako kepada para pekerja yang terdampak covid-19. “Insya Allah, bantuan ini dapat bermanfaat bagi para pekerja yang terdampak covid-19,” Tambahnya.

Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Grogol, Bambang Utama mengatakan, peringatan May Day tahun 2021 yang melibatkan para pekerja/buruh di wilayah Jakarta Barat dinilai sebagai hal yang positif.

Mereka tidak lagi turun ke jalan untuk menyampaikan aspirasi, tapi melakukan nya dalam bentuk kegiatan lain yang lebih terhormat dan elegan. “Menurut hemat kami lebih elegan dan terhormat dalam menyampaikan aspirasi itu bisa lebih bersifat seperti kegiatan ini, kami pun memberikan apresiasi kepada teman-teman buruh,” Tuturnya.

Bambang Utama menyebutkan, BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah DKI Jakarta beserta jajaran Kantor Cabang memberikan bantuan sebanyak 6389 paket sembako. Ribuan paket sembako itu didistribusikan di tingkat Pemprov DKI Jakarta dan diikuti di 5 Pemerintahan Kota dan 1 kabupaten lainnya Jakarta secara serentak.

Khusus diwilayah Jakarta Barat, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Grogol, Cengkareng dan Slipi mendistribusikan sebanyak 500 paket sembako. Paket sembako ini disalurkan untuk para pekerja/buruh yang terkena PHK dampak pandemi Covid-19.

“Paket sembako berisi 5 kg beras, 1 lt minyak goreng, 1 kg gula pasir, 1 kotak teh celup dan 1 kaleng susu kental manis,” Jelasnya.

Penyerahan paket sembako, lanjut Bambang, diberikan  kepada masing-masing koordinator serikat pekerja. “Kami berharap bantuan kami bermanfaat untuk rekan-rekan pekerja dan buruh. Kami mengucapkan terimakasih kepada Pemkot Jakbar yang mendukung terlaksananya kegiatan hari ini,” Pungkasnya. [Kominfotik JB/why]

Pos terkait